PENGARUH FASILITAS WISATA DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA MUSEUM SATWA)

Authors

  • Rezki Teguh Sulistiyana

Abstract

Batu, East Java as tourism city feel intense competition in the tourism industry. To win this competition companies provide value and customer satisfaction through the delivery of product or services quality at competitive prices (Tjiptono, 2008:23). The purpose of this study was to determine the influence of tourist facilities and the price of custumer satisfaction in Museum Satwa.The type of this research is explanatory research. Population in this research is Museum Satwa visitors. The sampling method using accidental sampling. Analysis of the data used descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The result showed that the variable Tourism Facilities has a significant influence on Customer Satisfaction. Variable Price has a significant influence on Customer Satisfaction. F test results showed that two independent variables Tourism Facilities and Price simultaneously have a significant influence on Customer Satisfaction. Adjusted R Square 0,537 show that 53,7 percent of variable Customer Satisfaction can be explained by two independent variables Tourism Facilities and Price, while the remaining 46,3 percent is explained by other variables that are not poposed in this research. Museum management need to pay atenttion to the improvement of the existing tourist facilities. In terms of pricing the company must maintain the suitability of the ticket price has been set. Keywords : Tourism Facilities, Price, Customer Satisfaction. Abstrak Kota Batu, Jawa Timur sebagai kota wisata merasakan ketatnya..persaingan dalam industri pariwisata. Untuk memenangkan persaingan tersebut pengelola atau perusahaan memberikan nilai dan kepuasan konsumen melalui penyampaian produk atau jasa yang berkualitas dengan harga bersaing (Tjiptono, 2008:23). Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas wisata dan harga terhadap kepuasan konsumen di Museum Satwa. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Museum Satwa. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.Hasil penilitian menunjukkan bahwa variabel Fasilitas Wisata memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Variabel Harga memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Hasil uji f menunjukan bahwa kedua variabel bebas Fasilitas Wisata dan Harga  secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Angka Adjusted R Square 0,537 menunjukan bahwa 53,7 persen variabel Kepuasan Konsumen dapat dijelaskan oleh kedua variabel bebas yakni Fasilitas Wisata dan Harga, sedangkan sisanya sebesar 46,3 persen diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Pihak pengelola museum satwa pelu memperhatikan perbaikan terhadap fasilitas wisata yang ada. Dari segi harga pengelola diharapkan mempertahankan kesesuaian harga tiket. Kata Kunci : Fasilitas Wisata, Harga, Kepuasan Konsumen  

Downloads

Published

2015-08-28

Issue

Section

Articles