ANALISIS PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN KREDIBILITAS SUMBER TERHADAP KEGUNAAN INFORMASI DAN DAMPAKNYA PADA ADOPSI INFORMASI (Studi pada Masyarakat Pengikut Akun Twitter Resmi iKaskus)
Abstract
This study aims to determine the influence of the information quality and the sources credibility to the information utility and its impact on adoption of information. The type of this research is explanatory research with a quantitative approach. This research was conducted online on Twitter to the followers of iKaskus. Slovin formula was used as the sampling method and path analysis was used as the data analysis method. Based on the path analysis, it is found that all variables have influences. Information Quality significantly affects the Usefulness of Information with 0,0003 probabilities, while Sources Credibility significantly affects the Information Utility with 0,000 probability. Information Quality significantly affects the Adoption of Information with 0,006 probabilities, but Sources Credibility does not significantly affect the Adoption of Information with 0,065 probabilities. Last, Information Utility significantly affects Adoption of Information with 0,000 probability. Information Quality has 0,294 direct effects and 0,443 indirect effects to Adoption of Information. While Sources Credibility has 0,209 direct effects and 0,461 indirect effects to Adoption of Information.
Keywords: information quality, sources credibility, information usefulness, information adoption, and eWOM.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Informasi dan Kredibilitas Sumber terhadap Kegunaan Informasi dan Dampaknya Adopsi Informasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan secara online di media sosial Twitter pada pengikut akun iKaskus.Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus dari Slovin. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis jalur ditemukan bahwa seluruh variabel memiliki pengaruh. Variabel Kualitas Informasi berpengaruh signifikan terhadap variabel Kegunaan Informasi dengan nilai probabilitas sebesar 0,003. Selanjutnya, variabel Kredibilitas Sumber berpengaruh signifikan terhadap variabel Kegunaan Informasi dengan nilai probabilitas sebesar 0,000. Kemudian, variabel Kualitas Informasi berpengaruh signifikan terhadap variabel Adopsi Informasi dengan nilai probabilitas sebesar 0,006. Variabel Kredibilitas Sumber tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Adopsi Informasi dengan nilai probabilitas sebesar 0,065. Terkahir, variabel Kegunaan Informasi berpengaruh signifikan terhadap variabel Adopsi Informasi dengan nilai probabilitas sebesar 0,000. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa, adanya varibel perantara yaitu Kegunaan Informasi, mampu memberikan pengaruh adopsi informasi seseorang. Selanjutnya, variabel Kredibilitas Sumber memiliki pengaruh langsung sebasar 0,209 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,461 terhadap Adopsi Informasi.
Kata Kunci: kualitas informasi, kredibilitas sumber, kegunaan informasi, adopsi informasi, dan eWOM.