PENGARUH PERIKLANAN MOBILE DALAM BENTUK SMS DAN CITRA PRODUK TERHADAP SIKAP KONSUMEN (Survei Pada Pengunjung Grapari Telkomsel, Malang)

Authors

  • Lutfia Lasfita

Abstract

This research aims to understand the the influence of mobile advertising in the form of a text message to the image of the product, the the influence of mobile advertising in the form of text on consumer attitudes, and the the influence of the image of the product on the attitude of consumers. Research type is explanatory research. The population of research is the visitors of Grapari Telkomsel, Letjen S. Parman No. 47 Malang. Sample is 112 respondents using Purposive Sampling. Data collection method is questionnaire. Analysis data technique involves descriptive and path analysis. Result of research indicates that mobile advertising in form of sms is directly and significantly influencing product image, mobile advertising in form of sms is directly and significantly influencing consumer attitude, and product image is directly and significantly influencing consumer attitude. it saggested mobile advertising in form of SMS should not only promote and introduce the product, but also pack up the content in better way such that consumers are not offended but even more attracted to read SMS which may lead to better attitude toward the product. Keyword: Mobile Advertising in the form of SMS aAdvertising, Image of the Product, Attitudes of Consumer ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan mobile dalam bentuk SMS terhadap citra produk, pengaruh periklanan mobile dalam bentuk SMS terhadap sikap konsumen, dan pengaruh citra produk terhadap sikap konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Grapari Telkomsel Jl. Letjen S. Parman No. 47 Malang. Sampel yang ditetapkan sebanyak 112 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel periklanan mobile dalam bentuk SMS berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel citra produk, variabel periklanan mobile dalam bentuk sms berpengaruh dan signifikan terhadap variabel sikap konsumen, variabel citra produk berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel sikap konsumen. Dengan demikian, periklanan mobile dalam bentuk SMS sebaiknya tidak hanya mempromosikan, memperkenalkan produk saja tetapi mengemas konten lebih baik agar konsumen merasa tidak terganggu dan merasa tertarik untuk membaca sehingga menimbulkan sikap yang baik terhadap produk tersebut. Kata Kunci: Periklanan Mobile dalam Bentuk SMS, Citra Produk, Sikap Konsumen

Downloads

Published

2015-08-26

Issue

Section

Articles